Jumat, 07 Februari 2014

Negara-Negara Asia Tenggara


Negara- Negara di Asia Negara

      1.    Malaysia
Malaysia adalah sebuah negara kerajaan federal yang didirikan pada 16 september 1963. Kepala negara di jabat oleh seorang raja dan kepala pemerintahan dijabat oleh perdana menteri. Berikut beberapa data singkat tentang malaysia :
Nama Resmi          :  Federasi Malaysia 
Ibu Kota                :  Kuala Lumpur
Luas                      :  332.556 km²
Lagu Kebangsaan             :  Negaraku
Bahasa                   :  Melayu (resmi), Cina, Tamil, Inggris
Agama                   :  Islam (resmi), Kong Hu Cu, Tao, Budha, Hindu, Kristen
Pemerintahan        :  kerajaan Konstitusional
Kepala Negara      :  Raja yang Dipertuan Agung
Kep.  Pemerintahan : perdana menteri
Mata Uang                        :  Ringgit
a         a.  Letak dan Batas Negara
Secara astronomis, Malaysia terletak pada 1 LU – 7 LU dan 100 BT – 119 BT. Wilayah Malaysia terdiri atas dua bagian yang terpisah yaitu Malaysia Barat yang terletak di Ujung Selatan Semenanjung Malaya dan Malaysia Timur yang terletak di Pulau Kalimantan bagian utara.
Batas-batas negaranya sebagai berikut :
-          Sebelah Utara berbatasan dengan Thailand dan Laut Cina selatan
-          Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Sulu dan Laut Sulawesi
-          Sebelah Selatan berbatasan dengan Indonesia dan Singapura
-          Sebelah Barat berbatasan dengan Selat Malaka dan Pulau Sumatra (Indonesia)
b        b.   Bentang Alam
Dilihat dari bentang alamnya, wilayah malaysia sebagian besar berupa pegunungan. Malaysia Barat merupakan bagian dari deretan Pegunungan Mediterania dengan ketinggian puncak tertinggi yaitu Gunung Tahan (2.190 m). Disebelah Malaysia Timur Gunung tertingginya adalah Gunung Kinabalu (4.101 m) yang merupakan bagian dari deretan Sirkum Pasifik. Adapun terdapat dataran rendah Aluvial yang subur berada di Pantai Selatan dan Barat Semenanjung Malaya. Sungai terpanjang di Malaysia adalah sungai Kinabatangan (550 km) dan sungai Rajang (560 km).
c        c.   Iklim
Malaysia dipengaruhi oleh iklim laut khatulistiwa yang ditandai dengan sering terjadinya hujan lebat, suhu rata-rata tinggi, pembalikan arah mata angin sesuai dengan musim. Hampir semua tempat di Malaysia menerima curah hujan antara 2.500-5.000 mm per tahunnya. Suhu rata-ratanya berkisar 27 C.
Musim hujan di Malaysia berlangsung sekitar Oktober-Maret, ketika angin muson timur. Namun ketika angin muson barat daya antara April-September berembus curah hujan menjadi terhalang karena terhalang oleh Pulau Sumatra dan Pulau Jawa.
d         d.   Penduduk
Penduduk Malaysia pada tahun 2009 berjumlah sekitar 28.300.000 jiwa, angka pertumbuhan penduduknya mencapai  1,6%. Penduduk yang mendiaminya terdiri atas suku bangsa Melayu (65%), Cina (26%), India (8%) dan lainnya 1%. Penduduk aslinya adalah orang Semai dan Sakai yang tinggal disekitar hutan. Bahasa yang digunakan ada 4 yaitu bahasa Melayu, Inggris, Cina, dan Tamil. Agama yang dianutnya mayoritas Islam (48%), aliran kepercayaan (24%) , Budha (7%), kristen (8%), Hindu (7%), dan lainnya (6%).
e         e. Perekonomian
Pertanian merupakan sektor  bagi Malaysia sekitar 40%. Tanaman pertanian yang diusahakan terutama padi dan sayuran, sedangkan tanaman perkebunan meliputi kelapa sawit, karet, kelapa, lada hitam, dan nanas. Malaysia  merupakan negara penghasil kelapa sawit terbesar didunia. Hasil tambangnya berupa Timah dan merupakan penghasil dan pengekspor terbesar di dunia. Timah tersebut berasal dari negara bagian perak dan sekitar kuala lumpur yang dikapalkan melalui pelabuhan Kelang. Hasil tambang lainnya yaitu minyak bumi dan gas alam didaerah Serawak dan Semenanjung Malaya.
Sektor Industrinya kini semakin dikembangkan seperti di Kuala Lumpur dan Pelabuhan Kelang. Daerah tersebut merupakan tempat industri bahan makanan, plastik, alat rumah tangga, barang elektronik, dan perakitan kendaraan sepeda bermotor.
Dalam sektor perdagangan Malaysia mengekspor barang-barang seperti karet, minyak kelapa sawit, minyak bumi, barang manufaktur, dan mobil. Di lain kegiatan Malaysia juga mengekspor mesin, perkakas transportasi, makanan, produk minyak bumi, logam dan tekstil.


    2.  Thailand
Thailand disebut juga Muangthai yang berarti kebebasan. Negara ini sering mendapat julukan “Rumah Rakyat Merdeka” hal ini disebabkan Thailand dijadikan sebagai daerah penyangga oleh Inggris dan Prancis. Pada saat itu Inggris sedang menjjah Myanmar sedangkan disebalh timur Thailand, Prancis tengah menjajah Vietnam, Laos, Kamboja.
Data singkatnya sebagai berikut :
Nama Resmi                : Muangthai atau Prathet Thai
Ibu Kota                      : Bangkok
Luas                            : 513.254 km²
Penduduk                    : ± 67,8 juta jiwa (2009)
Bahasa                                     : Thai (resmi), Inggris, Cina, Melayu, dan bahasa daerah
Agama                                     : Budha (resmi) Islam, Kristen, Animisme.
Pemerintahan              : Kerajaan Konstitusional
Kepala Negara                        : Raja
Kepala Pemerintahan  : Perdana Menteri
Mata Uang                  : Baht
Lagu kebangsaan        : Phleng Chard Thai


0 komentar:

Posting Komentar