Sabtu, 02 November 2013

Geografis "Menganalisis Bentuk Muka Bumi"



Menganalisis Bentuk-Bentuk Muka Bumi

                Jika dilihat dari luar angkasa, bumi nampak berbentuk bulat dan datar. Namun, pada kenyataannya bentuk muka bumi sangatlah beraneka ragam. Ada muka bumii yang datar, tinggi, rendah, cekung, atau miring. Tinggi rendahnya permukaan bumi disebut relief muka bumi.  Reilief muka bumi dibentuk olwh aktivitas tenaga dari dalam bumi (endogen) dan tenaga dari luar (eksogen).  Permukaan bumi sangat luas, sehingga jika ingin mempelajari penampakan-penampakannya tentu sangatlah sulit jika  tanpa alat bantu. Salah satu alat bantu untuk mempelajari penampakan-penampakan yang ada dibumi adalah peta. Peta adalah gambar sebagian atau seluruh permukaan bumi dengan  skala diperkecil.
                Penampakan-penampakan yang ada dipermukaan bumi dapat digambarkan secara keseluruhan dalam bentuk peta umum seperti peta topografi, peta chorografi, dan peta dunia. Peta  Topografi adalah peta umum berskala besar dengan seluruh penampakan geografi yang ada di muka bumi digambarkan secara jelas. Namun, yang menonjol dari peta topografi adalah pola ketinggian (relief) yang dicerminkan dengan garis tinggi (kontur). Peta Chorografi adalah peta umum berskala sedang untuk menggambarkan daerah yang luas seperti negara atau benua. Peta Dunia adalah peta umum berskala kecil untuk menggambarkan dunia yang sangat luas secara lengkap.

Beberapa upaya yng dapat dilakuakan untuk menganalisis dan memperoleh i formasi mengenai bentuk-bentuk permukaan bumi pada peta, antara lain :
1.       Melakukan identifikasi, yaitu upaya untuk memberi ciri atau karakteristik suatu objek pada peta yang telah terdeteksi  melalui pengamatan sehingga dapat memberikan keterangan yang lengkap tentang objek geografi yang dipelajari.
2.       Melakukan interpretasi, yaitu suatu tahap pengumpulan keterangan yang berhubungan dengan objek yang sedang diamati pada peta.

0 komentar:

Posting Komentar