Rabu, 27 November 2013

Shalat Tahajud Membawa berkah serta Kesehatan bagi yang menjalankannya


Manfaat Serta Keutamaan Shalat Tahajud


Shalat Tahajud adalah shlat sunah yang dikerjakan pada malam hari sesudah mengerjakan shalat Isya dan shakat tahajud ini dikerjakan sesudah Tidur. Jika mengerjakan shalat tahajud ini sebelum tidur itu namanya bukan mengerjakan shalat tahajud tetapi mengerjkan shalat Hajat. Shalat Tahajud ini merupakan shalat Sunah mu;akad (sunah yang dianjurkan) dikerjakan paling tidak sedikitnya 2 rakaat.
            Shalat Tahajud ini dapat dilakukan kapan pun pada malam hari. Namnun paling baik pada waktu sepertiga akhir malam atau menjelang fajar muncul dan menjelang adzan subuh. Karena pada saat itu Allah S.W.T turun kebumi untuk mengabulkan doa hamba-hamba –NYA yang bangun tidur dan mengerjakan shalat Tahajud serta berdoa dan meminta ampunan serta memohon kepada-NYA pada waktu sepertiga malam.
            Shalat Tahajud adalah shalat yang diwajibkan kepada Nabi kita Muhammad SAW  sebelum turun perintah shalat 5 waktu.
“Dan pada sebagian malam hari bersalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji“ (QS. 17 Al-Isra :79 )

Shalat Wajib ataupun shalat sunnah, Khususnya shalat tahajud tidak hanya membuat pelakunya mendapat berkah serta pahala serta mendapat tempat istimewa disisi-NYA, melainkan juga meningkatkan kekebalan tubuh dan mengusir penyakit.
Semua apa yang ada dan telah dijelaskan dalam Al-quran untuk kita jalankan dalam kehidupansehari-hari yang mana pada saat ini kita anggap sebagai tanggung jawab atau kewajiban yang memiliki pengaruh positif terutama buat hiddup kita sendiri.
            Kepatuhan kita terhadap ritual-ritual keagamaan seperti shalat serta bentuk ibadah lainnya memiliki pengaruh bagi sistem kekebalan tubuh serta gangguan dari penyakit baik yang menyerang jiwa kita atau tubuh kita maupun [enyakit hati seperti iri, dengi, syirik, meunafik, serta sifat tercela lainnya.

Diantara manfaat dan atau keistimewaan shalat tahajud adalah Salat tahajjud merupakan kehormatan bagi seorang muslim, sebab :
  • Mendatangkan kesehatan,
  • Menghapus dosa-dosa yang dilakukan siang hari,
  • Menghindarkannya dari kesepian dialam kubur,
  • Mengharumkan bau tubuh,
  • Menjaminkan baginya kebutuhan hidup,
  • Dan juga menjadi hiasan surga,
  • Selain itu, salat tahajjud dapat memberikan manfaat, yaitu keselamatan dan kesenangan di dunia dan akhirat,
Manfaat dari shalat tahajjud yang lainnya adalah wajah orang yang sering melakukan shalat tahajjud akan memancarkan cahaya keimanan, akan dipelihara oleh Allah dari segala macam marabahaya, setiap perkataannya mengandung arti dan dituruti oleh orang lain.
Akan mendapatkan perhatian dan kecintaan dari orang-orang yang mengenalinya, dimudahkan hisabnya, berjalan diatas shirat bagaikan kilat.
Allah Subhanahu Wata’ala Berfirman :
Dan pada sebagian malam hari bersalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji” (Q.S. Al Israa’ : 79 )
Ada kata kunci yang menarik untuk dicermati dalam Firman Allah Subhanahu wata’ala yang berupa perintah di atas, yang mana kata itu memiliki hubungan sebab akibat yang sangat jelas yakni bersembahyang tahajjud dan tempat terpuji.
Tempat yang terpuji adalah akibat atau konsekuensi dari sebuah sebab yaitu sembahyang tahajjud.
Oleh karena itu bagi mereka yang mendambakan tempat yang terpuji, tempat yang mulia baik di sisi Allaah ataupun di mata manusia maka satu kunci rahasianya.

Hadits terkait salat tahajjud:
Perintah Allah turun ke langit dunia di waktu tinggal sepertiga akhir dari waktu malam, lalu berseru: Adakah orang-orang yang memohon (berdo’a), pasti akan Kukabul kan, adakah orang-orang yang meminta, pasti akan Kuberi dan adakah yang mengharap/ memohon ampunan, pasti akan Kuampuni baginya. Sampai tiba waktu Shubuh. (Al Hadits).


0 komentar:

Posting Komentar